Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest News

Subscribe Now

Valkyrie

Monday, January 5, 2009 , Posted by Nje at 12:07 AM

Director: Bryan Singer

Starring: Tom Cruise, Kenneth Branagh, Billy Nighy, Terence Stamp, Tom wilkinson, Eddie Izzard, Kevin McNally, Carice Van Houten

Nah ini salah satu film yang patut ditunggu - tunggu, tidak hanya film ini berdasarkan kisah nyata tentang usaha pembunuhan seorang pemimpin besar yaitu Adolf Hitler yang akhirnya merevolusionikan sebuah pergerakan baru di german, akan tetapi juga karakter yang memerankan Kolonel Claus Schenk Graf von Stauffenberg yang merupakan inspirator dan bahkan menurut sebagian orang pahlawan adalah Tom Cruise, Mungkin ini adalah titik balik dimana Tom Cruise bisa tampil prima dimana banyak yang mengeritik di film Lion for Lambs Cruise bermain sangat datar sekali.

Nah Film ini berawal ketika Pada awal perang dunia ke-II, Kolonel Claus Schenk Graf von Stauffenberg (Tom Cruise) terluka di africa dan pulang ke kampung halamannya di Jerman. Pada saat yang bersamaan Mayor Jendral Henning Hermann Robert Karl Von Trescow (Kenneth Branagh) merencanakan pembunuhan Adolf Hitler yaitu dengan menyamarkan bom yang disisipkan di sebuat peti Anggur dengan maksud agar dapat membunuh Adolf Hitler pada saat di udara, Namun rencana tersebut gagal ketika bom yang dikamsud gagal meledak. Takut rencananya terbokar Mayor Jendral Trescow dengan sigap mengambil kembali peti berisi bahan peledak tersebut sembari memikirkan bagaimana rencana selanjutnya.

Akhirnya terkumpulah orang - orang terpilih terdiri dari Jendral Friedrich Olbricht (Bill Nighy), Ludwig August Theodor Beck (Terence Stamp), Dr.Carl Friedrich Goerdeler (Kevin McNally) Erwin von Witzleben (David Scholfield) dan yang terakhir Claus Schenk Graf von Stauffenberg (Tom Cruise). komite rahasia ini berembuk bagaimana agar dapat membunuh ditaktor nomor satu di german ini dengan harapan agar bisa mengambil alih pemerintahan dengan cara membunuh Hitler. Sang Kolonel pun mengusungkan ide yaitu dengan nama sandi Operation Valkyrie (Operation Walküre) yang melibatkan pasukan cadangan dengan maksud supaya agar dapat mengembalikan situasi pemerintahan yang kacau jika rencana pembunuhan tersebut berhasil.


Rencana ini disusun dengan mengesampingkan Schutzstaffel atau lebih dikenal dengan nama SS, yang terkenal loyal terhadap hitler, dan malah membawa masuk Jendral Friedrich Fromm (Tom Wilkinson) yang menjadi kepala dari pasukan cadangan untuk ikut dalam rencana kudeta tersebut. Rencana yang disusun adalah membunuh Hitler itu sendiri beserta kepala pasukan SS yang bernama Heinrich Luitpold Himmler disebuah tempat persembunyiannya yang bernama sarang serigala, para anggota yang ikuta dalam renca jahat ini masing - masing sudah diajarkan bagaimana menggunakan detonator pensil. Namun rencana ini bisa gagal jika ketika pelaksanaan nanti jalur komunikasi dengan mudah keluar masuk, oleh karena itu Stauffenberg berusaha mencoba merekrut Jendral Fritz Erich Fellgiebel (Eddie Izzard) agar memutus semua jalur komunikasi pada saat pelaksanaan rencana pembunuhan tersebut.

Pada saat yang ditentukan diadakan rapat di sarang serigala, Stauffenberg sudah siap sedia dengan bom di tasnya, akan tetapi tanpa kehadiran Fellgiebel, Stauffenberg tidak berani melaksanakan rencana tersebut. Dan pada saat yang sama pasukan cadangan yang dikomandoi oleh Olbricht bergerak ke tanpa mengetahui keadaan di sarang serigala. Stauffenberg pun akhirnya bisa keluar dengan selamat dari sarang serigala dengan selamat.

Pergerakan pasukan yang besar ini banyak mengundang kecurigaan walaupun dengan alasan latihan. Stauffenberg pun kesal terhadap kelompok kudetanya dan menyalahkan salah satu anggotanya.

Akhirnya rencana pembunuhan yang kedua pun dibentuk oleh para kelompok kudeta tersebut, dengan mempersiapkan dua pensil detonator agar menghasilkan effek yang benar - benar mematikan. Stauffenberg dan anak buahnya kemabali ke sarang serigala untuk melaksanakan rencannya. dengan meledakan bom yang diletakan pada diding di bunker untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Stauffenberg menyuruh anak buahnya untuk menunggunya dimobil supaya dengan cepat bisa keluar dari sarang serigala.

Rapat ini tidak dihadiri oleh kepala SS Himmler, bingung bagaimana harus bertindak, Stauffenberg dan perintah peledakan tidak kunjung datang. Stauffenberg bertukar pendapat dengan anak buahnya dan tetap melaksanakan rencana pembunuhan ini. ketika Bomnya sudah siap untuk meledak, Stauffenberg dengan cepat meninggalkan tempat tersebut dan tak lama kemudian Bom tersebut meledak. Bisakah rencana dari Stauffenberg dan kelompok kudeta ini terlaksana atau bahkan menjadi gagal total hehehehe........pasti pada penasaran kan, buat yang penasaran intip trailernya dulu aja yah


Trailernya: